Dampak Positif Dan Negatif Kopi

Seperti pisau yang memiliki dua mata berbeda begitu juga halnya dengan kopi yang memiliki sisi postif dan negatif terhadap tubuh, memang minuman yang satu ini tidak ada matinya dan tidak bisa terlepas dari kegiatan kita sehari-hari mulai dari rumah, warung-warung sampai coffe shop yang berjejer di mall-mall hal ini menandakan bahwa kopi merupakan minuman favorit dan saya adalah termasuk salah satu penikmat dari minuman berwarna hitam ini. Untuk ukuran orang Indonesia meminum kopi bukanlah hal yang istimewa karena memang sudah menjadi kebiasaan kebanyakan penduduk kita menyukainya ditambah lagi dengan harganya yang cukup terjangkau.
Kembali lagi ke topik utama kita yaitu tentang dampak dari minuman ini, ada pepatah mengatakan bahwa "sesuatu yang berlebiha itu tidak baik" begitu juga jika kita mengkonsumsi sesuatu dengan cara berlebihan.
Untuk minuman yang satu ini lebih banyak di manfaatkan orang untuk menahan rasa kantuk dimalam hari atau sebagai minuman penyegar di pagi hari, sebetulnya kopi mempunyai banyak manfaat sekaligus dampak negatif bagi tubuh jika kita tidak mengkonsumsinya dengan benar, agar kamu terhindar dari sisi negatifnya coba simak paparan saya tentang efek dari kopi dibawah ini.

Dampak Positif
  1. Seperti yang saya tulis diatas tadi, kopi dapat menahan rasa kantuk dan membuat kita lebih fokus terhadap pekerjaan karena kandungan kafein didalamnya dapat mempercepat respon otak untuk mengolah memori.
  2. Kafein dapat juga berfungsi meredakan sakit kepala dan mencegah gigi berlubang.
  3. Dengan mengkonsumsi kopi 1-2cangkir sehari dapat memperkecil resiko untuk terkena serangan jantung dan stoke, kopi mempunyai kandungan antioksidan yang cukup besar.
  4. Selain mencegah serangan jantung kopi juga dapat mencegah kita dari penyakit diabetes
  5. Dapat melancarkan pernafasan bagi penderita asma
  6. Untuk perempuan kopi juga dapat memperlambat proses pengeroposan tulang.
  7. Penemuan terbaru lainnya adalah pria yang meminum kopi secara teratur lebih memiliki sel sperma yang lebih sehat
Dampak Negatif
  1. Jika dikonsumsi berlebihan kandungan kafein akan membuat tubuh dehidrasi, kamu akan mengeluarkan lebih banyak air kemih dibandingan dengan jumlah air yang kamu minum.
  2. Mengkonsumsi kopi disaat hamil dapat menyebabkan bayi lahir denga berat yang sangat rendah dan lebih besar resiko keguguran.
  3. Kafein mempunyai sifat racun bagi sel-sel otak oleh karena itu kopi tidak cocok bagi anak kecil yang dalam masa pertumbuhan dan bagi para manula karena dapat mempengaruhi fungsi memori dan kecerdasan mereka.
  4. Jika mengkonsumsi kopi secara berlebihan maka resiko terkena serangan jantung dan stroke akan lebih besar.
  5. Untuk penderita penyakit jantung dan mag sebaiknya hindari konsumsi kopi karena dapat menjadi pemancing penyakit tersebut untuk kambuh.

Komentar

  1. info yang sangat bermanfaat..., kebetulan saya suka minum kopi..., paling tidak artikel diatas bisa utk referensi...

    BalasHapus
  2. semoga bermanfaat, terima kasih sudah berkunjung

    BalasHapus
  3. nah lho ternyata minuman fav ane ada dampak buruk y juga :'(

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Film Conan The Barbarian 2011

Welcome May

Senja Tanpa Nama