Penyebab Blog Lambat Terindex

Sebuah posting yang cepat terindek adalah suatu keistimewaan tersendiri bagi pemiliknya, hal itu saya alami di blog saya yang isinya tutorial blogging campur sedikit berita.
Blognya sendiri masih baru kalau tidak salah masih 1 bulan lebih, saya menggunakan subdomain dari domain saya yang menganggur karena pikir saya sayang kalau dibiarkan tidak terpakai, minggu-minggu pertama semuanya berjalan lancar semua postingan langsung ter-index dengan cepat di mesin pencari, bahkan banyak yang nongkrong di SERP halaman 1 dan 2 walaupun saya hanya optimasi internal saja tapi terbukti ampuh teknik ini.
Pada akhir bulan Juli kemarin kira-kira tanggal 26 sampai sekarang saya menemukan banyak kendala dengan blog tersebut, postingan mulai lambat terindex, banyak postingan baru yang terindex tidak mempunyai preview image di SERP lalu yang akhirnya terindexpun bila saya cari dengan keyword judul dengan lengkap yang muncul hanya cache dari halaman utama dan artikel aslinya berada dihalaman yang saya tidak ketahui karena mungkin terlalu tertindih dihalaman paling bawah.
Sampai sekarang saya hanya bisa berasumsi saja karena belum mengetahui secara pasti penyebab dari semua ini, secara tidak langsung blog saya bisa dikatakan mati suri, hidup enggan mati pun tak mau, tapi apa boleh buat saya hanya bisa menunggu sampai blog itu normal seperti biasanya.
Sebagai bahan sharing saja dibawah ini mungkin adalah beberapa penyebab postinan yang tiba-tiba jadi lambat.

  • Pergantian template atau editing template yang terlalu sering mungkin dapat menjadi salah satu penyebabnya, bisa jadi si robot menjadi agak kebingungan setelah ada perubahan yang saya buat
  • Kontes SEO, hmm yang satu ini bisa dicurigai juga menjadi salah satu penyababnya tapi kalau saya analisa lebih lanjut hal ini tidak beralasan karena saya tidak membuat suatu optimasi yang berlebihan dengan backlink.
  • Deep Crawl dari Googlebot pada saat update PR bisa saja menyebabkan lambatnya artikel untuk ter-index tapi masalahnya adalah sampai sekarang masih saja lambat dan PR saya pun sudah nongol.
Apakah kamu pernah mengalami hal seperti ini?

Komentar

  1. yaahhh sama dg yg sy alami, klo sy sih anggap sj robot googl lagi pd sakit...., gGBLa aja sering "maju mundur" gk karuan...hehehe, keep blogging jiaoo.....

    BalasHapus
  2. Sama gan, malahan post saya yang udah 3 harian tetap tidak diindex. Biasanya kurang dari 3 detik, untuk persaingan kw kecil, post sy langsug di pejwan, sekarang tidak lagi..

    Padahal semua post blog sy lakukan manual. Sekarang jd agak males mau post juga

    So, sy gugling-gugling nyari penyebab blog jd tidak terindex, eh mendarat di blog agan..

    tq gan sharingnya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Film Conan The Barbarian 2011

Welcome May

Senja Tanpa Nama